Subscribe:

Senin, 11 Juni 2012

Nama Folder Berbentuk Kotak Dan Cara Mengembalikan file nya




Share aja neh, kemarin ada kejadian flashdisk atau memory card salah seorang teman yang rusak, ngomongnya seh kena virus, karena data2 nya pada ilang dan font folder2nya jadi berbentuk kotak. Ku kira awalnya juga kena virus, tapi saat di scan tidak ditemukan adanya indikasi terjangkit virus. Setelah browsing beberapa lama akhirnya nemu klo itu dikarenakan file yang corrupt, cara mengatasinya cukup dengan :

Start -> Run, ketikkan perintah “CHKDSK /F drive_flashdisc” misal sekarang flashdisc ada di Drive F maka “CHKDSK /F F:”
Ikuti petunjuk sesuai dengan perintah command prompt yang muncul
kemudian cek flashdisk atau memory , kemudian cek folder yang semula dengan nama kotak-kotak apakah sudah berubah atau normal, kalau sudah normal cek apakah folder bisa di buka , jika tidak lakukan langkah berikut :

Star -> Run kemudian ketik CMD,lalu
Setelah membuka window Command Prompt, biasanya akan tampil seperti berikut :
C:\Documents and Settings\nama_user
Kemudian ketik saja sebagai berikut
CD..
dan tekan enter. Ulangi lagi sampai tampil drive-nya saja, misalnya
C:\>
Selanjutnya, dicari dimana file/folder tersebut disembunyikan. Jika di drive F:, maka ketik saja perintah berikut :
C:\>F: kemudian tekan enter, sehingga akan tampil F:\>
Setelah itu ketik perintah seperti diatas ATTRIB *.* -S -H -R /S /D
lalu enter,
kemudian cek kembali flashdik atau memory card, jika terdapat file dengen ekstensi .CHK, semisal file001.CHK maka rubahlah CHK dengan Jpeg , (file001.jpeg) untuk file gambar,mp3 untuk file musik , exe untuk file program

jika file nya banyak , tidak mungkin kalo merubah satu persatu , maka ikuti cara berikut :
Buka notepad
Contoh anda ingin mengganti semua ekstensi CHK menjadi jpeg
Ketikkan ren *.CHK *.jpeg
Simpan file anda dengan nama rename.bat
Tempatkan pada folder yang akan diganti ekstensi filenya
Setelah itu anda eksekusi file rename.bat tersebut
Selamat mencoba.....

4 komentar:

dedi nugraha mengatakan...

thx 4 the tips... dicoba dulu ya?

planet akses mengatakan...

silahkan gan .. thx udah mampir

Kimi Chan mengatakan...

gan..bntu gw dunk buat mindahin format filenya
karena gw cb2 ga bs coz gw ga tau itu file docx taua pdf, atau mkv atau srt atau jpg
mohon bantuannya gan
email : luph.kimi@gmail.com

thx b4

heri yono mengatakan...

kang untuk menganti format CHK - jpeg dngan file yg banyak kurang bisa di pahami,,,tolong di update dong,dengan kata-kata yg lebih mudah di mengerti :)

makasih..

Poskan Komentar

Follower